Jumat, 30 Oktober 2015

Respect

1 comment






Hormatilah orang lain jika kamu ingin dihormati.
Hargailah orang lain jika kamu ingin dihargai.

Mungkin sudah tidak asing untuk telinga kita.
Saya sendiri sering mendengarnya waktu di bangku SD, dan saya selalu mengamalkan hal itu dalam kehidupan sehari-hari saya.

Saya selalu menghormati dan menghargai setiap orang, baik itu keluarga maupun teman-teman saya.
Saya berpikir ketika saya menghormati dan menghargai mereka, saya juga akan dihormati dan dihargai.

Rupa, tidak seperti itu.
Hal yang terjadi tidak seperti waktu bu guru SD saya jelaskan kepada saya waktu itu. (kebetulan yang ngajar waktu itu bu guru)
Waktu SD saya pernah bertanya kepada guru SD saya seperti ini,
"Bu guru, saya mau nanya nih, jadi kalau saya mau dihormati dan dihargai orang lain, saya harus menghormati dan menghargai orang lain itu?"
lalu guru saya menjawab seperti ini,"Iya awang, kalau kamu ingin dihormati dan dihargai oleh orang lain, kamu harus menghormati dan menghargai mereka."
lalu saya menjawab," Ooo... oke bu guruhehhee (dengan muka polos saya ketawa hehhehe)."

Tapi sekarang, saya mulai mempertanyakan penjelasan bu guru saya. Pelan-pelan saya merasa itu sepenuhnya benar karena tidak semua orang kita hargai dan hormati akan menghargai dan menghormati kita juga. Yang ada kalau kita salah menghormati dan menghargai orang lain, malah kita akan diinjak-injak oleh mereka

Mungkin sebaiknya kata-kata diatas diubah menjadi seperti ini

Hargailah, orang yang menghargai kamu.
Hormatilah, orang yang menghormati kamu.
Janganlah pikir orang akan baik kepada kamu hanya karena dia terlihat baik.
Janganlah pikir orang akan jahat kepada kamu hanya karena dia terlihat jahat.

Intinya jangan terlalu percaya orang karena apa yang dipikirkan setiap orang itu adalah misteri.



Ini hanya sekedar pendapat saya saja.
setiap orang punya pendapat yang berbeda-beda
#lagisokbijak :)

1 komentar: